Minggu, 18 Juli 2010

Pelangi Indah Cahaya Biru Riau Pos Lolos ke Final 9 Jalur Bersaing

LUBUK AMBACANG - Sebanyak sembilan jalur, setelah mengadu ‘’kekuatan’’ dalam perpacuan hari kedua, Jumat (16/7), akhirnya masuk ke putaran final yang akan dilangsungkan hari ini, Sabtu (17/7) di arena pacuan jalur Tepian Gudang Pulau Gobah Desa Sungai Pinang Kecamatan Hulu Kuantan.

Dari sembilan jalur yang lolos ke babak final, salah satunya termasuk Jalur Pelangi Indah Cahaya Biru Riau Pos Desa Koto Kombu Kecamatan Hulu Kuantan yang sukses menumbangkan Jalur Pendekar Bukit Tanpa Nama Desa Bukit Perdusunan Kecamatan Kuantan Mudik.

Ketua Jalur Pelangi Indah Cahaya Biru Riau Pos Syamsudin Hasbi yang juga Ketua Umum Pacu Jalur Hulu Kuantan mengatakan, keberhasilan tersebut harus dipertahankan di putaran final, Sabtu petang ini.

Keberhasilan ini, kata Syamsudin, adalah berkat kekompakan dan kerja keras anak pacuan. Padahal Pelangi Indah Cahaya Biru Riau Pos adalah jalur yang sudah cukup lama yakni dibuat 2004 lalu. Ketika itu masih bernama Si Guntung Sati Riau Pos. Ini semua juga tidak lepas dari kerja sama dan bantuan Riau Pos kepada anak jalur yang mensponsori jalur ini. Ia berharap Jalur Pelangi Indah Cahaya Biru Riau Pos mampu mengukir prestasi gemilang tahun ini.

Sembilan jalur yang masuk babak final yakni, Jalur Ngiang Kuantan Cahayo Nagori Desa Kampung Biru Gunung Toar, Jalur Palimo Olang Putie Desa Sungai Ala Hulu Kuantan, Jalur Bintang Emas Cahaya Intan Desa Tanjung Hulu Kuantan, Jalur Cahaya Putih Mayang Maurai Desa Rantau Sialang Kuantan Mudik, Jalur Soriak Sarumpun Desa Pulau Binjai Kuantan Mudik, Jalur Pelangi Indah Cahaya Biru Riau Pos Desa Koto Kombu Hulu Kuantan, Jalur Lipan Baro Raja Ponsel Desa Tanjang Hulu Kuantan, Jalur Kalojengking Tigo Jumbalang Desa Sungai Manau Kuantan Mudik dan Jalur Palimo Sati Desa Toar Kecamatan Gunung Toar.

Untuk masuk babak final, mereka harus berjuang keras, karena 17 jalur yang masuk ke putaran hari kedua, adalah jalur-jalur andalan dari tiga kecamatan yang ikut serta. Yakni Kecamatan Kuantan Mudik, Gunung Toar dan Kecamatan Hulu Kuantan.

Hiruk pikuk penonton di tengah cuaca yang sedikit mendung tersebut terlihat menyemarakkan suasana pacuan jalur. Di tribun pancang finis, nampak hadir Camat Hulu Kuantan Drs Akhyan Armofis, sejumlah pejabat Kuansing, Upika dan tokoh masyarakat.

Camat Hulu Kuantan Drs Akhyan Armofis menyebutkan, hingga pelaksanaan pacu jalur hari kedua berlangsung aman dan lancar. Ini juga diungkapkan Ketua Umum Panitia Pacu Jalur Rayon II di Kecamatan Hulu Kuantan Syamsudin Hasbi.

Anggota DPRD Kuansing asal Hulu Kuantan menyebutkan, hingga pelaksanaan pacuan jalur hari kedua, berlangsung dengan aman dan lancar. Ia berharap, kondisi yang tertib aman dan lancar hingga tetap terjaga hingga perpacuan jalur tuntas.

‘’Kita berharap, pelaksanaan pacu jalur di Kecamatan Hulu Kuantan 2010 ini berjalan dengan aman dan lancar hingga penutupan besok. Karena itu, kita berharap bantuan dan dukungan seluruh peserta, panitia dan masyarakat lainnya yang hadir,’’ ujar Syamsudin Hasbi.

Sebelum pelaksanaan pacu jalur rayon II di Kecamatan Hulu Kuantan ini, saat pencabutan undian pacu, panitia pelaksana sudah mengingatkan agar seluruh peserta pacu jalur dapat turut membantu kemanan dan ketertiban. Karena ini adalah tradisi dan budaya kebanggaan masyarakat Kabupaten Kuansing yang harus bersama-sama dijaga dan dilestarikan.



1 komentar: